Kamis, 08 November 2018

Sejarah Di balik lengser nya Soeharto

Di balik lengser nya rezim Soeharto
Apakah ada pengruh asing?

Soeharto



21 mei 1998, mungkin sebagian orang tak akan mengira, Bahwa mereka akan menjadi saksi atas sebuah peristiwa yang akan tercatat selamanya dalam sejarah bangsa indonesia. Tepat pukul 09.00 wib presiden indonesia ke 2 ini
Menyatakan untuk berhenti dari jabatan sebagai presiden.
32 tahun, soeharto selalu berada di pucuk pemerintahan indonesia, menyatakan "BERHENTI".
Krisis ekonomi yang tak kunjung berhenti membuat rakyat marah
Berawal dari krisis ekonomi lalu menjadi krisis politik, melihat soeharto dan keluarga cendana menjadi salah satu penyebab krisis ekonomi yang tak kunjung reda.
12 mei 1998, 4 mahasiswa triksati yang sedang berdemo tewas di terjang peluru aparat militer. Kerusuhan serta penjarahan, dan pembantaian terhadap etnis cina meluas dan hampir mencakup wilayah RI. Lawan politik soeharto pun tak ikut ketinggalan, mereka menggencarkan agar soeharto untuk segara mundur dari pemerintahan.
Indonesia yang dulu pernah di juluki "macan asia" kerena keperkasaan di bidang ekonomi, ibarat badai yang tak pernah terbayang sebelum nya.
Muncul dugaan pihak asing ikut serta dalam melengserkan soeharto
Steve hanke seorang ahli ekonomi dan pernah menjadi penasehat ekonomi soeharto, mengatakan sejujur nya bahwa pihak asing ikut serta dalam melengserkan soeharto.


Dana moneter internasional atu sering di sebut IMF, saat terjadi nya krisis ekonomi dan rupiah melemah terhadap dollar. Presiden amerika pada waktu itu bill clinton dan direktur imf Michel Camdessus menawarkan jasa imf dan menguncurkan dana sebesar 43 miliar dollar, serta membuka pintu lebar-lebar untuk membuka perusahaan asing di indonesia. 15 januari 1998 Soeharta pun menandatangani surat perjanjian dengan Michel Camdessus. Setelah beberapa hari perjanjian tersebut soeharto mulai merasa bahwa IMF tidak bekerja dengan baik. Lalu steve hanke mengenalkan CBS kepada soeharto


Cbs adalah sistem yang diterapkan oleh negara tertentu karena kurs mata uang nya melemah. Sebenarnya steve hanke sejak awal kedatangan nya ke indonesia ia, sudah menyarankan untuk menerapkan sistem cbs. Soeharto sebenarnya bersihkeras menerapkan gagasan cbs. Tetapi, IMF mengancam tidak mencairkan dana segarnya. Pada saat itu presiden soeharto sangat ditekan oleh bill clinton maupun Michel Camdessus , ia dipaksa untuk menggugurkan ide cbs atau merelakan bantuan dana segara dari imf. Dua pilihan yang sulit,tapi soeharto memilih untuk mendatangkan dana segar (memilih imf).

Michel camdessus tidak membantah adanya campur tangan mereka dalam lengser nya soeharto, bahkan dia berkata IMF adalah di balik krisis nya ekonomi indonesia saat itu. Mereka menciptakan kondisi yang membuat presiden soeharto turun dari jabatanya. Tidak ada yang tau pasti mengapa meraka ingin menjatuhkan rezim soeharto
Bahkan mantan mentri luar negri amerika serikat Lawrence Eagleberger
Mengatakan "pemerintah as sengaja mendukung imf untuk menggulingkan soeharto"

Sungguh menjadi ironi di awal kepemimpinanya,di sambut dengan krisis ekonomi dan konflik dan di akhir jabatan nya yang diliputi krisis ekonomi dan konflik.









Sumber:berbagai sumber.


10 komentar:

  1. Wih pak harto, kesenengan gue bahasan orba ni..mampir2 kesini yak gan
    carilagunusantara.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Konspirasi global hihihi..
    Btw deep discussionnya mantap

    BalasHapus
  3. mantap gan ulasannya, mampir kuy www.amaterasublog.com

    BalasHapus
  4. Cocok dan mantap artikelnya. Jos gandos

    BalasHapus
  5. Ane rindu dengan kepemimpinan beliau.. petani benar dimanja.. beda sekarang dirugikan terus karena makin banyak tengkulak hasil reformasi.

    BalasHapus